MENCARI CARA MENDAMAIKAN TEMAN AHOK

MENCARI CARA MENDAMAIKAN TEMAN AHOK

Beberapa jam setelah pengumuman itu, Megawati langsung mengumpulkan petinggi partai. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, yang ikut pertemuan itu, mengatakan langkah politik Ahok dibahas karena berkaitan dengan deparpolisasi, penghilangan peran partai dalam demokrasi. ”Deparpolisasi harus disikapi,” ujar Edi. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto juga bereaksi keras. ”Kami tidak kekurangan kader yang baik hanya karena Pak Ahok memilih jalur independen,” katanya. Perang pernyataan itu seperti terlupakan pada haul mendiang Taufiq Kiemas tersebut. Haul menjadi semacam perantara bagi kembali membaiknya hubungan Ahok dengan partai berlambang banteng tersebut.

Hubungan harmonis itu pernah terbangun ketika Ahok berpasangan dengan Jokowi dalam pemilihan gubernur Jakarta 2012. Pada malam haul Taufiq Kiemas tersebut, suasana hangat terlihat ketika Jokowi, Ahok, dan Megawati guyon seusai makan malam. Ahok bercerita bahwa Jokowi dan Iriana, istrinya, duduk bersebelahan dengan Megawati. Ketika itu, Ahok, yang berada agak jauh dari meja tempat mereka makan, dipanggil Jokowi agar mendekat. Ahok bergegas mendekat dan sedikit membungkukkan badan kepada Megawati dan Iriana. ”Saya menundukkan badan,” ujarnya. Ketika Ahok mendekat, Jokowi spontan melontarkan pernyataan bernada canda. ”Ibu Megawati, Pak Gubernur ini teman saya,” kata seorang tamu yang hadir di acara itu menirukan Jokowi. Ahok pun menimpali Jokowi: ”Ibu (Megawati) juga suka bilang (saya) sohibmu.” Hasto Kristiyanto membenarkan kabar bahwa Jokowi, Ahok, dan Megawati berbincang pada malam itu.

Namun ketiganya tidak membahas pemilihan gubernur. ”Ketua Umum, Presiden, dan Pak Ahok hanya makan malam bersama,” ujar Hasto. Juru bicara Presiden, Johan Budi S.P., mengatakan tidak ada pembicaraan politik antara Jokowi dan Megawati pada malam itu. ”Pak Jokowi tidak menitipkan Ahok ke Ibu Megawati,” katanya. l l l SINYAL kembalinya Ahok ke pangkuan PDI Perjuangan sebenarnya telah menguat ketika dia bertandang ke rumah Megawati di Jalan Teuku Umar pada Sabtu malam dua pekan lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ikut menemani Ahok dalam santap malam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *