Kabar Sesat Di Atmosfer Kita Bagian 2

Gencarnya info sesat bisa dipandang dari berbagai sisi. Kemajuan teknologi, revolusi media sosial, dan kualitas Internet yang semakin bagus serta murah membuat siapa pun bisa mengakses dan memproduksi informasi. Banjir info ini, celakanya, tidak diimbangi peningkatan daya kritis. Akibatnya, tak sedikit yang mudah terpancing judul-judul provokatif, lalu membaginya tanpa tahu betul isi tulisan.

Merekalah yang disebut dengan istilah clicking monkey, monyet yang bersuka-ria melempar pisang ke segala arah. Berjayanya hoax juga karena tumbuhnya ketidakpercayaan orang terhadap media mainstream. Ada keyakinan, media besar yang kebanyakan milik pengusaha konglomerat tak lagi independen karena sarat kepentingan bisnis dan politik. Mereka ini, sayangnya, berpaling pada situs yang rajin menebar hoax. Atmosfer pun pekat dengan kabut hasutan.

Secara umum ada dua kelompok besar situs penyebar kabar pelintiran. Pertama, akun pribadi dan situs yang terafliasi ke partai politik. Mereka gigih ”menggoreng” berita untuk kepentingan afliasinya. Termasuk kelompok ini, antara lain, Portal Piyungan (awalnya bernama PKS Piyungan), VOA Islam, dan Era Muslim, yang telah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *