Kabar Sesat Di Atmosfer Kita Bagian 3

Data World Trafc menunjukkan, situs Piyungan sebelum diblokir dikunjungi 300 ribu orang per hari. Situs ini menangguk iklan US$ 100 per hari, US$ 36.500 setahun atau setara dengan Rp 485 juta. Kelompok kedua adalah situs yang memang berusaha mencari untung. Posmetro, Nusanews, dan NBCIndonesia termasuk kelompok ini.

Mereka telah diblokir pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 19 Tahun 2014 tentang Internet Sehat. Situs semacam ini gemar meramu fakta dengan fksi, ditambah judul dan opini yang provokatif. Riset Komunitas Masyarakat AntiHoax menunjukkan situs sejenis ini memanen iklan Rp 600-700 juta setahun. Menggiurkan. Gejala begini bukan khas Indonesia. Kemenangan Donald Trump dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat diduga tak terlepas dari sebaran info sesat yang masif.

Menjelang pencoblosan, 8 November lalu, muncul berita Paus Fransiskus mendukung Trump. Ada pula kabar agen FBI yang menyelidiki kasus bocornya e-mail Hillary Clinton telah terbunuh. Dua berita yang sama sekali tidak benar. Namun jutaan orang menyebarkannya melalui Facebook dan Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *