Kabar Sesat Di Atmosfer Kita Bagian 4

Ternyata berita bohong itu diracik sekelompok remaja tanggung di Makedonia untuk meraup uang dari iklan. Godaan uang dari iklan itu yang membuat tak sedikit akun pribadi dan situs rela memelintir fakta. Masyarakat internasional pun mengecam keras Facebook dan Google AdSense, yang membiarkan berita bohong meracuni kehidupan publik.

Facebook menanggapi kecaman ini dengan meluncurkan perangkat pendeteksi berita bohong. Pemerintah Jerman bahkan mendenda Facebook Rp 7 miliar untuk setiap berita hoax yang menyebar melalui situs itu. Kita juga mulai bangkit melawan gelombang berita palsu. Berbagai gerakan telah muncul, misalnya edukasi dan peningkatan literasi media, berbagai kelompok anti-hoax, dan aneka situs yang membantu pengecekan informasi.

Kampanye anti-berita sesat seperti ini penting didukung. Gerakan saja tak akan cukup. Pemerintah perlu berupaya lebih serius menjernihkan udara dari kabut hoax. Konsistensi mutlak perlu. Jangan sampai terjadi lima situs diblokir tapi puluhan situs sesat lain dibiarkan tumbuh. Bila perlu, pemerintah bisa mengikuti jejak Jerman, kenakan denda supermahal pada platform media sosial penyebar berita palsu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *