Uji Keampuhan INTEL X99 ala NET89 Bag3

Uji Keampuhan INTEL X99 ala NET89 – Untuk prosesor, menggunakan Intel Core i7 5960X Extreme Edition. Prosesor ini merupakan prosesor dengan performa tertinggi di keluarga Haswell E, dan mengusung 8 core @ 3.0 GHz dengan Turbo Boost 2.0 hingga 3,5 GHz. Prosesor ini dilengkapi 20 MB L3 cache dan dukungan HyperThread. Untuk konsumsi daya, prosesor ini tergolong rendah untuk kelas ekstrem karena mengusung TDP 140 W.

Untuk memory sendiri, menggunakan Patriot Viper Xtreme DDR4 Quad Channel 4x4GB. Memory berjalan pada timing 15-15-15-35, dengan opsi XMP 2.0 diaktifkan. Frekuensi yang digunakan adalah 2400 MHz. Storage utama yang digunakan adalah Plextor PX-256M6 Pro. SSD berukuran 256 GB ini terhubung via SATA3 dan telah terinstal Windows 8.1 64bit di dalamnya. Untuk keperluan grafis, CHIP menggunakan MSI GTX 980 Gaming 4G. Keseluruhan komponen ditenagai oleh Cooler Master Silent Pro Gold 800W. Sebagai tambahan, sistem pendinginan prosesor ditangani oleh Cooler Master Nepton 240M.

Perlu diperhatikan, dalam pengujian ini tidak melakukan overclocking terhadap komponen. Semuanya berjalan di konfigurasi bawaan pabrikan. Pengujian Pengujian yang lakukan terbagi pada 3 aspek. Aspek pertama adalah performa. Di sini, CHIP melakukan 10 benchmark untuk setiap motherboard. Sebagai benchmark sintetis, CHIP menggunakan 3DMark Vantage (CPU only), PCMark 7 (all preset), 3DMark 13 (Fire Strike, 1080p), Cinebench R11.5 (64 bit, mode multithread), CrystalDiskMark (sequential read/write), dan Intel XTU. CHIP juga menambahkan benchmark real life, yaitu konversi video menggunakan Media Expresso 6.5 dan kompresi file dengan WinRAR 5. Selain itu, juga menguji suhu maksimal prosesor saat menjalankan Intel Burn Test dan penggunaan daya maksimal sistem saat combined test pada 3DMark 13 Fire Strike.

Aspek kedua adalah kelengkapan. Pada aspek ini, memberikan penilaian pada paket penjualan, konektor dan feature spesial yang tersedia pada motherboard. Perlengkapan yang memadai akan membuat Anda tidak perlu sibuk mencari komponen ekstra dalam membangun PC. Dan aspek terakhir adalah dokumentasi, di mana memberi penilaian tinggi untuk motherboard yang disertai dokumentasi yang lengkap dan multi bahasa. Ini akan memudahkan Anda dalam menggunakan motherboard dan memaksimalkan potensi maksimalnya. Dalam pembobotan, CHIP memberi porsi 70% untuk performa, 20% untuk kelengkapan, dan 10% untuk dokumentasi.

Sumber : https://net89.net/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *