ICT Watch Internet Sehat Bag2

ICT Watch Internet Sehat ala autotrade gold – Misal, seseorang menyampaikan kritik di Facebook, lalu ia diancam dengan pasal pencemaran nama baik, sehingga bisa dipenjara karena mengkritik aparat publik. Inilah pembatasan hak berinformasi. Kami punya catatan, ada lebih dari 100 orang yang mengalami hal ini. Sehingga kita mendorong Pemerintah dan DPR untuk merevisi UU ITE khususnya pasal 27 ayat 3 itu.”

Madani Sasaran gerakan internet sehat ini sendiri adalah untuk menciptakan masyarakat yang bisa memilih dengan kesadaran sendiri konten internet yang aman dan sehat untuk dirinya. Sehingga diharapkan gerakan konsumsi internet “bergizi” ini menggunakan pendekatan yang merakyat, dari-oleh-untuk masyarakat. Donny B.U, salah satu pendiri ICT Watch lantas mempopulerkan istilah Internet sehat versi rakyat di kalangan internasional. Istilah ini dikenalkan pada workshop khusus bagi peneliti dan aktifis ICT (Information and communication Technology) di Asia dalam lingkup OpenNet Initiative di wawasan Open University, Penang, Malaysia tahun 2009.

Penambahan embel-embel rakyat ini dilakukan untuk membedakannya dengan berbagai program internet sehat lainnya. Internet versi rakyat ini pro pada kebebasan berekspresi di internet secara aman dan bijak dengan pendekatan selfcensorship dan pemberdayaan masyarakat. Sosialisasi gerakan ini masih serupa sejak pertama didirikan pada 2012, yaitu lewat advokasi publik dengan media baru yang digabungkan dengan media offline. Media offline yang digunakan dalam sosialisasi internet sehat meliputi workshop, seminar, dan juga dilengkapi dengan penyediaan booklet panduan dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, merchandise, lomba blog sehat dengan tujuan meningkatkan awareness publik.

Kerjasama Pertama berdiri pada 2002, Eddy mengaku ia dan rekan-rekan di ICT Watch berjalan sendiri. Namun kini ia bersyukur gerakan untuk mewujudkan Internet Sehat ini sudah menjadi gerakan dan tanggung jawab bersama para pemegang kepentingan di dalamnya. “Dulu pada 2002-2005, kita jalan sendiri. Merasa paling peduli soal keamana berinternet,” terang Eddy sambil terkekeh. “Ternyata ngga juga, pemerintah juga sebenarnta peduli, banyak LSM lain juga yang juga peduli.” “Tapi,” Eddy kembali bercerita, “Sejak 2011-2012, kita mulai menjalin kerjasama dengan pemerintah melalui inisiatif Internet Governance. Disitulah kita mulai terpikir untuk membuat forum yang mempertemukan semua pemegang kepentingan ini,” tuturnya.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *